- Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis, dan pada waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu.
-
Setelah PC diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah user teknologi ini secara cepat dan mengumumkan ke berbagai penjuru kehidupan ( pendidikan, perdagangan, pertahanan, dll)
- Sistem rancangan dituntut harus memenuhi kebutuhan user, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan user atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada user.
- Pada awal tahun 70-an, juga mulai muncul isu teknik user interface yang diketahui sebagai Man-Machine-Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-mesin
- Para peneliti akademis mengatakan, suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada user, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan user atau sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer dengan baik
- Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan Komputer
- Pada HCI cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antar muka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi antar manusia dan komputer
- HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri yang membahas hubungan timbal balik antara manusia-komputer beserta efek2 yang terjadi di antaranya
Aspek-aspek dalam IMK
- Use and context of Computers (U)
- Human Characteristic (H)
- Computers System and Interface Architectur (C)
- Development Proses (D)
Aspek-aspek
interaksi manusia dan komputer
- Interaksi manusia-komputer merupakan disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem
- Peran utama IMK adalah untuk menghasilkansebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien
- Model interaksi antara manusia dengan sistem melibatkan 3 komponen yaitu, pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri (terlihat pada gambar disamping)
- Kunci utama IMK adalah daya guna (usability) yang berarti bahwa suatu sistem harus mudah digunakan, mudah dipelajari dll
Tujuan HCI
- User Friendly (ramah dengan pengguna)
- WYSIWYG
- Mengurangi frustasi, ketidak nyamanan, dan kebingungan pada user
- Implikasi
Permasalahan yang muncul dalam HCI
- Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunaannya, misalnya : tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
- Sistem komputer mengharuskan user untuk mengingat terlalu banyak informasi
- Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
- Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)
Kriteria User Friendly
- Memiliki tampilan yang bagus
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
0 komentar:
Posting Komentar