Pengenalan Perkembangan IMK

Leave a Comment
  1. Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis, dan pada waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu. 
  2. Setelah PC diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah user teknologi ini secara cepat dan mengumumkan ke berbagai penjuru kehidupan ( pendidikan, perdagangan, pertahanan, dll)
  3.  Sistem rancangan dituntut harus memenuhi kebutuhan user, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan user atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada user.
  4. Pada awal tahun 70-an, juga mulai muncul isu teknik user interface yang diketahui sebagai Man-Machine-Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-mesin 


  • Para peneliti akademis mengatakan, suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada user, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan user atau sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer dengan baik
  •  Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan Komputer
  •  Pada HCI cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antar muka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek yang berhubungan dengan interaksi antar manusia dan komputer
  •  HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri yang membahas hubungan timbal balik antara manusia-komputer beserta efek2 yang terjadi di antaranya
 
Aspek-aspek dalam IMK



  • Use and context of Computers (U)
  •  Human Characteristic (H)
  •  Computers System and Interface Architectur (C)
  •  Development Proses (D)



Aspek-aspek interaksi manusia dan komputer

  • Interaksi manusia-komputer merupakan disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem
  • Peran utama IMK adalah untuk menghasilkansebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien
  • Model interaksi antara manusia dengan sistem melibatkan 3 komponen yaitu, pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri (terlihat pada gambar disamping)
  • Kunci utama IMK adalah daya guna (usability) yang berarti bahwa suatu sistem harus mudah digunakan, mudah dipelajari dll




Tujuan HCI





  • User Friendly (ramah dengan pengguna)
  • WYSIWYG
  • Mengurangi frustasi, ketidak nyamanan, dan kebingungan pada user
  • Implikasi



Permasalahan yang muncul dalam HCI


  • Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunaannya, misalnya : tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
  • Sistem komputer mengharuskan user untuk mengingat terlalu banyak informasi
  • Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
  • Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)



Kriteria User Friendly

  • Memiliki tampilan yang bagus
  • Mudah dioperasikan
  • Mudah dipelajari
  • Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.