Kerangka Kerja Interaksi

1 comment



  1. Interaksi  adalah Komunikasi antar user dengan sistem
  2.  Kenapa perlu kerangka kerja ? 
         Untuk menjaga kesinambungan dan pandangan secara umum 
     3.  Kerangka Kerja Donald Norman
  • User menetapkan tujuan
  • Rumuskan Tujuan/keinginan
  • Spesifikasi perintah / aksi pada antarmuka
  • Jalankan perintah-perintah sistem
  • Terjemahkan perintah-perintah sistem
  • Uji perintah-perintah dalam sistem apakah sesuai dengan tujuan
4       4.    Beberapa sistem lebih sulit penggunaannya dibanding sistem yang lain

  •  Pada saat eksekusi, hasil atau tindakan sistem tidak sesuai dengan perintah yang diberikan user
5. Model dari Norman terpusat pada interface menurut cara pandang user, sehingga dikembangkan model Abowd dan Beale
 


Model ABOWD dan BEALE


  1. Sebuah interaksi melibatkan 4 bagian :
  • User ( pengguna )
  • Input (data)
  • Sistem ( Proses )
  • Output ( hasil )
2. Setiap bagian memiliki bahasa sendiri yang unik
3. Interaksi memerlukan penterjemah, masalah yang terjadi jika antar interface tidak saling mengenal bahasa tersebut
4. Seorang user menterjemahkan keinginan melalui interface, dimana hasilnya kemudian ditampilkan dalam layar dan ditangkap oleh pengguna tersebut
5.  Kerangka kerja umum untuk memahami interaksi
  • Tidak harus sistem terkomputerisasi
  • Mengidentifikasikan semua komponen yang terlibat
  • Mempunyai penaksiran yang sama dari sistem
 
ERGONOMIK

Adalah Ilmu yang mempelajari karakteristik fisik dalam interaksi
Diantaranya :

  • Pengaturan alat pengendali dan tampilan, seperti : pengelompokan alat kendali berdasarkan fungsi atau frekwensi penggunaan atau urutannya
  • Lingkungan kerja, misal : penetapan aturan sesuai tingkat pengguna
  • kesehatan, misal : posisi fisik, kondisi lingkungan (suhu, kelembaban), cahaya, kebisingan
  • Penggunaan warna, misalnya : warna merah untuk peringatan, hijau untuk tanda OK, pertimbangkan juga adanya buta warna
  • Ergonomik baik untuk pendefinisian standar dan pedoman pembatasan bagaimana kita mendesain aspek tertentu dari sistem 

Macam Interaksi


  1. Interaksi bisa dikatakan dialog antar user dengan komputer berbagai sistem aplikasi mempunyai bentuk interaksi yang berbeda-beda
  2. Model atau jenis interaksi, antara lain :
  • Antarmuka dengan baris perintah tunggal
  • Antarmuka dengan baris perintah terstruktur
  • Menu
  • Bahasa sehari-hari/alami
  • Dialog dengan tanya jawab terstruktur
  • Formulir isian dan kertas kerja
  • WIMP (Window Icon Menu Pointer)







Baris Perintah Tunggal
  1. Cara memberi instruksi kepada komputer secara langsung, dapat berupa tombol fungsi, karakter kata, atau kombinasi
  2. Cocok untuk perintah berulang
  3. Lebih tepat digunakan pada pengguna ahli
  4. Menyediakan akses langsung pada fungsi sistem
  5. Baris perintah harus mempunyai makna/arti
  6.  Contoh : sistem Unix/Linux, DOS

 


Baris perintah terstruktur


  • Dialog ini memungkinkan perintah lebih dari satu baris yang dikemas dalam satu berkas biasanya desebut batch file
 Contoh : dalam DOS hampir selalu ada sebuah berkas bernama AUTOEXE.BAT. Berkas ini sebenarnya merupakan bentuk kemasan dari sejumlah perintah-perintah DOS
          @ECHO OFF
          PROMPT $p$g
          PATH C:\WINDOWS;C:\DOS
          SET TEMP-C:\DOS
          C:\WINDOWS\DXPMODE 60
          C:\WINDOWS\MSCDEX.EXE /S /D:MSCD001 /M:8 /V
          C:\DOS\SMARTDRV.EXE /X
Keuntungan : lebih cepat dan ringkas
Kerugian : penelusuran kesalahan





Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. The Best Casino in Oklahoma in 2021
    The best casino in Oklahoma has bet365 실시간 배당 흐름 slots, blackjack, roulette, and so much more. 슬롯 나라 From the comfort 아 샤벳 of your own home, to the excitement 아트그라비아 장주님 of gaming on your 바카라

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.